Ayam Goreng Pedas Crispy ala Korea (Yangnyeom Chicken) by Food Lover



by Food Lover 

Daging ayam memang tidak ada habisnya untuk diolah menjadi aneka makanan dan hampir semua menyukainya. Salah satu olahan ayam favorit keluarga saya tentu saja hot and spicy chicken wing, yang rasanya gurih dan manis, very tasty.

Sebenarnya tanpa saus caramel-pun sayap ayam / 1 ekor ayam utuh yang telah digoreng renyah ini sudah cukup lezat. Hanya saja dengan tambahan saus caramel dan kacang tanah (sy ganti pake kacang mayoshi jepang), hidangan ini menjadi lebih mantap.

Cara pengolahannya simple bunda,
~ Marinasi
~ Penepungan
~ Pengggorengan dan
~ Karamelisasi

Langsung aja kita eksekusi bunda,


Hasil jadi: 3-4 org
Bahan-bahan
Marinasi :
1 ekor ayam potong 1/2 sdt garam
1/2 sdt lada 1 sdm jahe haluskan
Penepungan :
2 Cups Tepung Tapioka
3/4 Cup Tepung Beras
1/4 Cup Tepung Maziena
1 btr Telor kocok
(1 cup :125 gr)
Penggorengan :
1 Ltr Minyak Sayur
Karamelisasi :
2 sdm minyak tumis 4 siung Bawang putih (haluskan)
3-4 sdm Cabe kering/gochujang 1 sdm Soy sauce (kikoman)
3 sdm Gula aren ; 2 sdm Jeruk Lemon
1 sdm Brown sugar
2 sdm madu
Tambahan ;
Kacang tanah (bs skip sy pake kacang mayasi)
2 sdm Wijen (opsional)


Langkah

Siapkan 1 ekor ayam yang telah dipotong potong dan dicuci bersih, masukkan ke dalam mangkuk 1 sdm garam remas-remas ayam hingga terasa kesat dan lendirnya menghilang. Cuci bersih dan tiriskan.


Marinasi : Masukkan ayam ke mangkuk, balurkan campuran Jahe, Garam dan Mrica (biarkan 30') Penepungan : beri tepung, telur, aduk menggunakan jari-jari tangan hingga tercampur rata.


Penggorengan : Panaskan minyak yang agak banyak di wajan, goreng ayam hingga terendam minyak. Saya membaginya menjadi 2 kali menggoreng, goreng pertama 10' api besar; gorengan ke dua 10' api kecil, tiriskan


Karamelisasi : Tumis semua bahan saos (karamelisasi) sampai saos jatuh perlahan dan berhenti di tengah jalan, tandanya saus telah cukup kental.


Kecilkan api kompor, masukkan ayam goreng, sampai terlapisi semua oleh saus Aduk hingga rata. Angkat, Taburi dengan Wijen dan Kacang Tanah (sy pk kacang Mayashi) Sajikan,


Mencoba buat lagi khusus 3 dada ayam, hasilnya yumi tambah lezat dan tambah pedas,..Selamat mencoba bunda, semoga berhasil...