Ayam Goreng Mentega by Diana AZ



by Diana AZ

Awalnya resep ini hasil recook dari profil dapurnya Pram's Kitchen... Tengkyu ya buat resepnyaπŸ˜ŠπŸ‘ Favorit bangettt! Ngga ke lain hati dah pokoknya...bumbunya simpel, masak nya cepat pulak. Akuu bangettt! Hehehehh...

Pertama kali buat memang sesuai dgn resepnya... Tapi selanjutnya ada beberapa stepnya yg saya ubah sedikit. Terus berdasarkan permintaan penghuni rumah yg minta dibanyakin kuahnya biar ga kering2 amat! Hahahaha... jadinya ayam goreng mentega ala ala saya deh! "Pake kuah...."πŸ˜™πŸ˜

Saya coba share kembali resepnya tapi dgn resep ala saya... Kalo mau resep aslinya silakan intip profil dapurnya Pram's Kitchen... Salam 😊


Hasil jadi: 6 orang
Bahan-bahan
1/2 ekor ayam
3 siung bawang putih
1 ruas jahe
1/2 butir bawang bombay
2 sdm mentega
1 sdm minyak goreng
5 sdm kecap manis
1/2 gelas air
secukupnya garam, gula pasir dan merica bubuk


Langkah

Potong2 ayam sesuai selera. Kalau saya, lebih suka jika dipotong agak kecil. Lumuri dgn garam sedikit. Diamkan sejenak atau BOLEHsimpan dulu di kulkas sambil menyiapkan bahan lainnya.


Cincang halus bawang putih dan jahe. Sedangkan bawang bombay di iris halus.


Selanjutnya goreng ayam hingga setengah matang atau sampai permukaannya berkulit. Angkat dan sisihkan.


Panaskan mentega dan minyak goreng hingga meleleh. Masukkan bawang putih, bawang bombay serta jahe. Tumis sampai wangi.


Tambahkan kecap manis dan merica bubuk, aduk rata.


Masukkan ayam goreng, aduk rata.


Beri air. Tambahkan pula gula pasir dan garam secukupnya. Tutup dan masak hingga matang.


Sajikan dgn nasi putih dan serutan timun.