Soto Ayam Lezat 🍜 by MeL'z 🌸



by MeL'z 🌸

Ga kerasa dah hari ke 5 🙌🙌 walau godaan nya cukup berat ... Apalagi liat si indomie berkeliaran di grup hri ini 😂😂
Tp tetep kuat en bertahan *lebaymodeon 😅😅
Btw saya dah turun 2,5 kg. Ga sebanyak gm diet pertama si, tp dah mayan bersyukur. Biasa pake diet laen ga ada yg bisa bikin si timbangan geser ke kiri 😅
Hari ini menu nya daging + tomat, cuma saya ganti si daging dgn ayam + telur. Tomat tetep dimakan 2 buat soto, 4 tomat lagi saya bagi masing2 2buah utk jus di siang + malam hari 😁
Hayo dimana lagi diet se'enak ini...
Inti nya cuma atur pola makan + kurangin garam , pakai seminimal mungkin + gula jg dipakai seminimal mungkin 😂
Buat yg susah turun berat nya diet ini saya rekomen bgt 👍
Secara saya tipe kebal diet + berbagai merk obat pelangsing dah saya coba 😅😅
Sama satu lg, greencoffee jg saya rekomen bgt, biji kopi ini bner2 bekerja nahan nafsu makan 😁
Semangatttt ... 2 hari lg 🙌


Bahan-bahan
1/2 ekor ayam kampung (buang kulit nya)
Bumbu Halus :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdm ketumbar jinten
5 cm kunyit
5 butir kemiri
bumbu lain:
2 ruas lengkuas (geprek)
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
3 batang serai (geprek)
3 cm jahe (geprek)
secukupnya lada
secukupnya kaldu jamur
1 sdt garam (max 2 sdt)
pelengkap :
1/4 bulat kol
100 gram toge
2 buah tomat
2 butir telur
2 batang daun bawang (iris tipis)
1 sdm olive oil (utk menumis)


Langkah

Rebus ayam dengan serai (geprek) + daun jeruk + salam + jahe (geprek) + lengkuas (geprek). Sampai ayam empuk dan keluar kaldu nya.
Sementara menunggu ayam empuk, blender bumbu halus (bawang merah + bawang putih + ketumbar jinten + kemiri + kunyit). Setelah halus, tumis dengan olive oil sampai harum.
Lalu masukan bumbu yg sudah ditumis kedalam rebusan ayam, tunggu sampai bumbu meresap ke ayam. Kira2 30menit. Angkat ayam.Lalu suir2 kecil (tidak perlu digoreng lagi ya, kan lagi diet 😂). Sisihkan. Kaldu jgn dibuang ya. Nanti utk kuah soto.
Kaldu ayam yg sudah siap, tambahkan garam sedikit aja y + kaldu jamur sesuai selera. Ini nanti buat kuah soto nya 😋
Pelengkap : -Rebus toge. Sisihkan. - Rebus telur, setelah matang belah jadi 2. Sisihkan. -Potong2 tomat kecil2. Sisihkan - Potong2 daun bawang tipis (nanti buat taburan diatas soto) - Siapkan jeruk nipis.


Tata pelengkap soto di mangkuk : tata kol, toge yg sudah di iris2, beri ayam yg sudah di suir, tomat, telur, irisan daun bawang, dan yg terakhir beri kuah dan perasan jeruk nipis. Soto siap disajikan 😋😋


Soto saya bagi 2, utk makan siang dan sore hari. Buah hari ini saya makan buah naga merah + jeruk. Jus campur buah naga merah + 2 buah tomat + beberapa potong melon 😋😋