Ayam & Telur Masak Habang (otentik khas Banjarmasin) by Mei Basuki



by Mei Basuki

Ibu saya suku Banjar & lahir di salah satu Kabupaten di Kalsel, bapak saya jg setengah Banjar setengah Jawa kelahiran Samarinda. Dan saya pun kelahiran Tanjung Kalsel. Jadi saya adalah orang Banjar. Dulu nenek sy selain pedagang adalah tukang masak di pesta-pesta pernikahan di Kalsel (dulu belum ada kateringan gitu). Nah jadi saya tau bgt bgmn sebenarnya yang namanya masak habang itu dari nenek saya.. Karena saya agak sedikit risih melihat macam-macam masakan yang menamakan Masak Habang tapi bumbunya jauh banget bedanya. Jadi di sini saya ingin memberikan informasi bagaimana Masak Habang khas Banjar yg sebenarnya.😊


Bahan-bahan
700 gr ayam potong /bisa diganti ayam kampung, daging sapi atau ikan gabus yg digoreng dulu
5 butir telur rebus, sebaiknya telur bebek
Bumbu halus:
8-10 buah cabe kering, buang bijinya, rebus sebentar, tiriskan
12 butir bawang merah
4 butir bawang putih
2 cm jahe
1/4 sdt terasi
Secukupnya Gula merah, agak manis
Garam
1 sdm munjung bawang goreng
Bumbu cemplung:
5 cm kayu manis
2 sdm Saos tomat
2 sdm kecap manis (bhn tambahan jika suka)
Bahan taburan:
Bawang goreng


Langkah

Potong-potong ayam, rebus sebentar, buang airnya tiriskan, jk menggunakan ayam kampung:merebusnya sampai ayam setengah matang, airnya bisa digunakan di bumbu ini
Di wajan, panaskan secukupnya minyak goreng untuk menumis bumbu. Masukkan bumbu halus dan kayu manis, masak sampai bumbu berminyak, masukkan saos tomat dan kecap manis aduk rata.
Masukkan ayam dan telur, aduk rata, kecilkan api, beri air panas/kaldu ayam
Masak sampai bumbu meresap dan sat berminyak.. biasanya agak lama agar telur berwarna kemerahan.
Hidangkan dengan taburan bawang goreng