Garang Asem Ayam by Susi Agung



by Susi Agung

Kuliner khas kudus & sekitarnya ini jd salah satu fav saya n keluarga,rasanya gurih,asem,pedes n seger...tambahan belimbing wuluhnya bikin bau amis bye..bye...juara deh rasanya👌.Kalau saya masak garang asem mendadak anak sulung saya yg susah makan jd doyan makan😍


Hasil jadi: 4 porsi
Bahan-bahan
1 kg ayam (saya pakai ayam kampung muda)
1 liter santan,bs ditmbh atau dikrg sesuai selera (dari 1/2 butir kelapa)
10 buah belimbing wuluh (potong 1 cm)
3 buah buah tomat hijau (potong2)
6 lembar daun salam (robek2 kasar)
6 lembar daun jeruk (robek kasar)
20 biji cabe rawit utuh
2 batang serai (memarkan)
Secukupnya garam,gula & lada bubuk
1 ruas lengkuas (memarkan/iris tipis)
1 ruas jahe (memarkan)
8 siung bawang merah
6 siung bawang putih


Langkah

Siapkan semua bahan & cuci bersih.


Potong ayam sesuai selera,sebaiknya dipotong agak kecil supaya mudah dibungkus.


Panaskan 2 sdm minyak goreng,tumis bawang merah & bawang putih sampai wangi,masukkan serai,jahe & lengkuas,aduk rata,masukkan ayam aduk2 sampai berubah warna,tuangi santan,aduk rata,bumbui garam,gula & lada bubuk,masak sampai mendidih,tes rasa bila sdh pas matikan api.


Tumpuk 2 lembar daun pisang yg agak lebar (saya lapisi plastik diantara 2 tumpukan daun krn takut bocor😂),tata irisan belimbing wuluh,tomat hijau,cabe rawit utuh,daun salam & daun jeruk yg sdh dirobek2,tata bbrp potong ayam & tuangi kuahnya,bungkus bentuk tum,semat dg lidi/tusuk gigi,lakukan sampai habis.


Kukus ayam dlm dandang yg sdh dipanaskan terlebih dahulu,kukus selama kurleb 20-30 menit,angkat,sajikan segera.