Ayam Bakar Kalasan by Dhy



by Dhy

Ini benar benar benarrrrrr enak😁😁 Ini resep saya dpt dari majalah sun plaza dlu, tapi lengkuas dan serai pd resep saya skip. Entah knpa tiap x buat ayam bakar pasti saya buat bumbu halus na 2x lipat😂😂alna lebih nyari bumbu na ketimbang ayam na hihihii..... Ini bumbu halus na saya buat 2x lipat biar puas mkn na😃mka na byk, tpi yg saya tulis dsni hanya takaran pas na saja ya blm di 2x lipatkan😉


Bahan-bahan
1 kg ayam potong
5 lembar daun jeruk
5 lembar daun salam
7 sdm kecap manis
1 sdm gula merah
Secukupnya garam & royco
Secukupnya air
1 buah jeruk nipis
Bumbu Halus :
15 buah cabe merah keriting
7 buah bawang merah
4 buah bawang putih
1 ruas jahe
1/3 sdm merica


Langkah

Cuci bersih ayam. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sisiran gula merah, dan kecap sampai harum dan matang.


Masukan ayam dan aduk rata, masak sebentar.


Lalu beri air secukupnya utk merebus ayam sampai empuk. Beri garam & royco. Gunakan api sedang, lalu ungkep ayam.


Setelah ayam empuk dan kuah mengering, beri perasan jeruk nipis, aduk rata dan koreksi rasa.


Panaskan teflon yg di oles sedikit minyak, tata ayam di atas na, olesi sisa2 bumbu. Masak hingga ayam telihat sedikit gosong dan bumbu mengering. Balik2 agar matang merata. Gunakan api kecil ya😉
Alhamdulillah nikmat wlopun hanya dengan nasi hangat dan bumbu na saja lho😁