Resep LAPIS PELANGI by dhiahoddie



Assalamualaikum...
.
Pagi bunda..
Lapisku datang lagi... jangan bosen yaa.. 😀 dan suka banget kalo liat si lapis pas di foto bs sesuai dng keinginan, walopun fotonya gk cakep2 amat hihihii..
Untuk lapis yg aku bikin kemaren hasil akhir kurang sreg di hati.. layer hijau nya kurang 2 warna lagi dan adonan keburu penuh di loyang, jadi nya terpaksa berhenti di 2 layer aja..
Next harus bs lbh cakep lagi..
Okee bunda.. ini resep nya :

LAPIS PELANGI by dhiahoddie

Bahan :
500 gr tepung kanji
250 gr tepung beras
500 gr gula pasir
8 gelas tanggung santan kental, rebus dng pandan dan dinginkan (per gelas 200 ml)
1 sdt garam
1 sdt vanili
1 sdt Pemutih (skip)
Pewarna merah, kuning, ungu dan hijau

Cara membuat :

1. Campur semua bahan jadi satu, kecuali pewarna dan pemutih kue.. tuang santan dan aduk rata sampai gula larut, saring
2. Bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata, adonan putih (beri pemutih) dan adonan satu lagi bagi menjadi 4 bagian, beri pewarna merah, kuning, ungu dan hijau.
3. Siapkan loyang loaf ukuran 22x10 cm, oles dng minyak/ margarin tipis2.. alasi plastik.. tuang 1 sdk sayur adonan warna merah, kukus sampai set (3-5 menit), kemudian tuang adonan warna putih satu sdk sayur, begitu seterusnya sampai menghasilkan wrna merah 4 layer.. kuning 4 layer.. ungu 4 layer dan hijau 4 layer dan tentunya di antaranya di selingi layer putih, lakukan sampai selesai. Kukus kembali selama 15 menit. Angkat dan dinginkan.
4. Potong2 sesuai selera dng pisau yg di bungkus plastik/ spatula. Siap di sajikan.
Resep ini jadi 2 loyang loaf.

NB : pemutih kue fungsinya untuk memperjelas adonan putih pd lapis menjadi lebih putih ketika di timpa wrna lain.. aman di gunakan untuk makanan dan di jual di toko2 bahan kue dng nama pemutih kue